Jane Austen


Ya. Pride and Prejudice adalah karya dari Jane Austen yang pernah saya baca di perpustakaan Humaniora. Itupun saya baca karena ada tugas membuat summary film Pride and Prejudice dari dosen mata kuliah English Prose saat itu. Kisahnya sederhana namun membuat saya jatuh cinta dengan plotnya hingga saya berpikir kalau membaca novel aslinya pasti akan lebih menarik. Kamu sepertinya pernah mendengar judul ini kan. Filmnya menarik dan saat inipun kamu akan dengan mudahnya menemukan film ini di warnet-warnet terdekat.

Film yang diadaptasi dari karya Jane Austen. Dibintangi oleh Keira Knightley, salah satu aktris terbaik Inggris
Saya ingat, Jane Austen dan George Elliot adalah dua penulis perempuan abad Victoria yang pernah mampir dalam daftar penulis favorit saya ketika masih kuliah di Sastra Inggris dulu. Meskipun jika suatu hari kamu melihat daftar penulis klasik favorit saya kamu akan menemukan lebih dari 20 daftar nama di sana. Salah seorang teman pernah mengatakan, "Kalau kamu ingin menjadi lebih bijaksana, dewasa dan memahami perasaan orang lain lebih mudah bacalah karya sastra". Karena itulah saya membaca lebih banyak dari teman-teman sekelas dan berani mengambil langkah di konsentrasi Sastra disemester 5 dulu.

Itulah perkenalan pertama saya dengan Jane Austen, sang maestro Pride and Prejudice yang legendaris. Kalau kamu punya waktu lebih, luangkanlah untuk menonton film manis ini. Saya jamin kamu tidak akan menyesal. Asalkan kamu tidak lupa meresapinya sebagai sebuah mimesis dari kehidupan nyata di jamannya.

Yogyakarta, 26 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar