Hans Clodhopper (One of The Story Tale By Hans Christian Andersen)

Hey, kamu pernah membaca dongeng kan? Saya yakin semua orang pasti pernah membaca dongeng atau minimal pernah mendengarnya dari orang lain. Tak terkecuali saya yang suka sekali dengan dongeng dan cerita anak-anak. Sepertinya saya sudah pernah memberitahu kalau dongeng pertama yang saya lihat langsung adalah Alice in the Wonderland dan Dorothy Gale: Return to Oz. Dongeng-dongeng selanjutnya adalah dongeng yang biasa saya baca di buku paket Bahasa Indonesia ketika masih SD dulu dan beberapa saya ketahui dari dunia televisi pasca Orde Baru runtuh pada tahun 1998.

Pernahkah kamu mendengar kisah tentang Hans Clodhopper? Saya pernah membacanya dari salah satu buku dongeng fenomenal berjudul 'Fairy Tales from Hans Christian Andersen'. Hans Clodhopper berkisah tentang seorang laki-laki bodoh dan kedua saudaranya yang hendak meminang seorang putri raja. Kedua saudaranya merupakan laki-laki terhormat dengan kecerdasan dan kesantunannya yang tinggi, sedangkan Clodhopper adalah laki-laki bodoh yang banyak bicara. Kedua saudara Clodhopper datang ke acara peminangan tuan putri dengan kuda yang cantik dan gagah namun Clodhopper malah datang dengan menunggangi kambing muda. Kalau kamu ingin tahu tentang kisahnya, kamu bisa membaca sendiri di buku yang telah saya sebutkan tadi.

Hans Christian Andersen reading a story called The Angel (taken from Elisabeth Jerichau Baumann, Danish)

Pesan kecil dari dongeng tersebut sebenarnya cukup sederhana. Tak semua orang yang cerdas dan pintar itu bisa mendapatkan keberuntungan. Kecerdasan seseorang kadangkala membuat dirinya lupa pada hakikat hidup yang sesungguhnya. Itu pesan kecil yang tersurat dalam kisah Hans Clodhopper yang saya baca kembali sore ini. Semoga kamu memiliki waktu yang lebih untuk membacanya juga.

Yogyakarta, 26 Oktober 2014
14.15 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar