But Goodbye




Awalnya mungkin cukup menyakitkan ketika saya tahu bahwa sebenarnya yang saya harapkan adalah kekosongan belaka. Ya, itu adalah awal. Seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari bahwa waktu adalah penyembuh terbaik untuk semua jenis luka. Luka yang awalnya membuat saya menggigit bibir lama-lama adalah luka karena saya tidak mau melepaskan. Saya terlalu serakah karena ingin memiliki dan menahannya hanya untuk ego diri sendiri. Ya, sekali lagi itu adalah awal.

Waktu mengajarkan banyak hal dan mendekatkan saya pada sesuatu di dalam diri saya sendiri yang paling saya takuti. Ketidakpercayaan pada diri sendiri. Saya tidak percaya bahwa saya bisa melupakan rasa sakit akan kehilangan dan membaliknya menjadi kekuatan pelecut untuk hidup lebih baik. Namun waktu, sekali lagi, adalah penyembuh paling bijaksana dalam hidup. Dalam detiknya ia menyimpan misteri masa depan yang tidak biasa. Dalam menitnya ia menggaris sejarah penuh rahasia tentang perjalanan manusia. Setiap hari waktu memberi saya kesempatan untuk merindukan sepuas, sedalam dan sesakit mungkin agar saya tahu bahwa begitulah konsekuensi rasa yang saya miliki. Setiap malam waktu membuat saya mendongakkan kepala dan menatap betapa besar kehidupan yang saya miliki ini untuk sekedar sakit hati dan tidak memaafkan.

Akhirnya, pada sebuah malam dalam perjalanan ketiga pelarian saya ke suatu tempat adalah waktu yang hadir mendadak di depan saya dan mengatakan bahwa semuanya telah berlalu. Waktu yang menjelma di dalam diri saya sendiri lewat cermin di depan saya. Ia berkata bahwa saat saya mengingat semua rasa pahit masa lalu tanpa penyesalan dan tanpa rasa takut, saat itulah tetes ketulusan dari maaf mengalir jatuh bersamaan dengan senyum kemenangan. Jelas sekali waktu membisikkan bahwa semua itu adalah dinamika yang harus saya lalui. Karena itulah, sekali lagi dengan hati lapang dan lepas saya ingin katakan 'selamat tinggal' karena saya hidup tidak hanya untuk satu momen saja.

Yogyakarta, 15 Oct '14
I love you my past, therefore, goodbye
(Tersenyum lepas)
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar