My Examination


Jreng,,, jreng,,, jreng,,,,
Pada akhirnya, ujian itu saya tempuh juga. Hahahahaha..... (senyum kemenangan)
Yupz,, beberapa waktu yang lalu, saya menempuh ujian S2 pascasarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dibilang mudah sebenarnya tidak terlalu mudah, tapi dibilang sulit sebenarnya cukup mudah untuk lalui, hehehehe,,,



Runutan ceritanya begini,,, pada awal bulan November lalu saya mendaftarkan diri studi lanjut S2 (pascasarjana) di UGM, Yogyakarta. Dengan hati yang agak dredeg, saya mengirimkan aplikasi ke DAA kampus UGM. Pasalnya, kampus ini adalah kampus fenomenal sekali yang agak sulit ditembus. Hehehehe,,,, tapi jangan khawatir kawand-kawand sekalian. Selama kita memiliki keberanian untuk memperjuangkan impian dan cita-cita, segala hal seperti tidak ada kata 'tidak mungkin'. 

Yupz, kembali ke cerita ujian saya. hehehe,,,, ujian S2 ini mencakup tes PAPs atau tes Potensi Akademik Pascasarjana dan AcEPT atau Academic English Proficiency Test... si mbak PAPs dan mas AcEPT ini adalah ujian standar untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa/pendaftar.
Sulitkah? Hmmmm,,,, mudah kok, tapi kemudahan itu berlaku bagi kita yang sudah mempelajari tes-tes semacam ini sebelumnya. Apalagi si mbak PAPs ini.... wew, kalau kita sering-sering latihan TPA, tes ini seperti makan jagung bakar rasa barbekyu. hawhawhaw... (saya jamin deh...)

Trus, si mas AcEPT itu gimana? Hmmm, si mas AcEPT ini adalah tes sekaliber TOEFL.. mudah n gampang banget men... sumpe deh. Tapi, ya kembali ke konsep awal, asalkan sebelumnya kita banyak latihan TOEFL dan memahami kesulitan dasarnya, tes ini akan mudah sekali di lalui.. Saya jamin deh,,, (jaminannya pake apa ya??? *mikir.com)

Neh, saya kasi beberapa tips sebelum melaksanakan ujian ya.
pertama, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh soalnya ini berpengaruh banget untuk tes PAPs-nya karena kita butuh logika yang fit untuk memecahkan masalah. Imagine kalo tubuh kita lagi nggak fit, pasti bakalan hancur n berantakan cara berpikir kita. hehehehe,,,,, sotoy

Kedua, untuk ujian AcEPT sebenarnya cukup mudah loh. Sebelumnya, dalam benak saya yang agak oon bin lemot ini, tes ini adalah tes standard IBT dan IELTS gituh,,, tapi ternyata,,, jreng, jreng, jreng,,,, soalnya lebih mudah dari semua materi tes yang saya pelajari selama ini. hehehehe... Kalau seandainya kalian punya bekal bahasa Inggris yang ngepas, jangan khawatir nggak bisa jawab. Saya jamin bisa jawab kok... jadi, jangan khawatir impian kalian terbang gara-gara si mas AcEPT neh.

Ketiga, buat yang diluar kota, saya sarankan tiba di lokasi ujian paling tidak dua hari sebelum ujian lah,, biar enak nyari lokasi ujiannya. hehehe,,, jadi ntar gak kepikiran lagi pas hari H ruangannya di sebelah mana. Santai saja kawan,,, 

Yang terakhir, banyak-banyak berdoa agar Tuhan memberi kemudahan. Kita yang berusaha, Tuhan yang menentukan,, hehehe,,, pesan lawas yang pasti dah tahu semuanya.
Oya, jangan kaget sama keadaan speaker pas listening section berlangsung ya,,, biasa lah,,, si speaker ngadat-ngadat geje gitu,,, hihihihi,,, itu pengalaman saya pas ujian listening kemaren.

Semangaaaatttttt,,,,
Koury_Qorry
on December 10th, 2012

1 komentar: